Selasa, 02 Oktober 2012

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR


DEFINISI RAS

Kata “ras” berasal dari bahasa Prancis-Italia “razza” yang artinya pembedaan variasi penduduk berdasarkan tampilan fisik (bentuk dan warna rambut, warna mata, warna kulit, bentuk mata, dan bentuk tubuh. Umumnya ras dibagi menjadi 3: mongoloid, kaukasian dan negroid. secara umum Ras adalah pengelompokan berdasarkan cirri biologis, bukan berdasarkan cirri-ciri sosiokultural.

Dengan kata lain, ras berati segolongan penduduk suatu daerah yang mempunyai sifat-sifat keturunan tertentu berbeda dengan penduduk daerah lain.
A.L. Krober membagi ras di dunia menjadi:
a). Ras Mongoloid (Berkulit Kuning), yaitu penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Afrika, dan Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: Asiatic Mongoloid, Malayan Mongoloid, American Mongoloid.
b). Ras Negroid (Berkulit Hitam), yaitu penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: African Negroid, Negroto, Melanesian
c). Ras Kaukasoid (Kulit Putih), yaitu penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Afrika, dan Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: Nordic,Alpine, Mediteranian, Indic.
d). Ras Khusus Yang Tidak Dapat Diklasifikasikan, ras ini antara lain : Bushman, Veddoid, Australoid, Polynesian, Ainu.
Penduduk indonesia (Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, bali, dan lain-lain) sebagian masuk ras Mongoloid, tepatnya malayan Mongoloid. Khusus untuk maluku dan papua, hampir semua penduduknya masuk ras Negroid (malenesia).

PENGERTIAN RAS MENURUT PARA AHLI

1. Gill dan Gilbert : Merupakan pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang bisa dibedakan menurut karakteristik fisiik yang dihasilkan melalui reproduksi .

2.  DaljoeniA .Suatu kategori tertentu dari seseorang yang superior maupun inferior, yang ditandai oleh karakteristik fisik, seperti warna kulit, tekstur rambut, dan lipatan mata .
B.  Pengelompokan manusia berdasarkan karakteristik biologis, misal: kaukasoid, mongoloid, negroid , australoid  dan indian

3. Kohlbrugge : ras adalah segolongan manusia yang mempunyai kesamaan ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan ciri kerohaniannya tidak diperhitungkan .

4.  Haldane : ras adalah Sebuah kelompok yang berbagi kesamaan satu set karakter tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.

RASISME

Rasisme adalah bentuk sikap kepercayaan atau kebanggaan diri dari seseorang atau kelompok dan pemaksaan perilaku atau pandangannya terhadap orang ataukelompok lain 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut