Kamis, 27 September 2012

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR


Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk
Menurut saya, Penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili di dalam suatu wilayah negara. Ilmu yang mempelajari masalah kependudukan adalah ilmu demografi. Dalam penduduk pasti akan ada masalah-masalah penduduk seperti kepadatan penduduk, penurunan jumlah penduduk, ledakan penduduk .

1.Kepadatan Penduduk
Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk disuatu daerah per satuan luas. Kepadatan penduduk disuatu daerah bisa dihitung dengan rumus :
Kepadatan penduduk : Jumlah penduduk total / Luas wilayah. Dalam demografi, dikenal dengan kepadatan penduduk fisiologis dan kepadatan penduduk agaris:
  1. Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara jumlah penduduk total dengan luas lahan pertanian
  2. Kepadatan penduduk agraris adalah perbandingan jumlah penduduk petani dan luas lahan pertanian.
2.Penurunan Jumlah Penduduk
Penurunan jumlah penduduk menyebabkan turunnya populasi pada sebuah daerah. Penurunan jumlah penduduk disebabkan oleh beberapa faktor yaitu emigrasi, penyakit, perang dan kelaparan.

3.Ledakan Penduduk
Ledakan penduduk ialah dimana suatu tempat mengalami pertumbuhan atau perubahan drastis akibat bertambahnya jumlah penduduk. Ledakan penduduk terjadi karena banyak faktor-faktor yang menguntungkan pada suatu tempat tertentu sehingga banyak suatu kaum akan pindah ke tempat yang lebih baik.

Masyarakat
Dalam bahasa Inggris masyarakat adalah society yang pengertiannya mencakup interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Istilah masyarakat disebut pula sistem sosial. Menurut J.L. Gilin dan J.P. Gilin, Masyarakat adalah kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.

Kebudayaan
 Beberapa orang awam mengartikan kebudayaan merupakan sebuah seni. Padahal sebenarnya kebudayaan itu bukan hanya sekedar seni. Kebudayaan melebihi seni itu sendiri karena kebudayaan meliputi sebuah jaringan kerja dalam kehidupan antar manusia . Berikut ini adalah definisi dan pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli:

EDWARD T. HALL
Kebudayaan adalah komunikasi dan komunikasi adalah kebudayaan


IRIS VARNER & LINDA BEAMER
Kebudayaan adalah sebagai pandangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang dipertukarkan oleh sekelompok orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut