Selasa, 21 Oktober 2014


Kata adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Kata adalah merupakan bahasa terkecil yang dapat berdiri sendiri. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasa, klausa, atau kalimat.

HUBUNGAN MAKNA KATA

·         Sinonimi     : Persamaan kata , Contoh : Agar = supaya , Bundar = Bulat, Gaji = Upah
·         Hipernim    : kata yang mewakili banyak kata lain
·         Hiponimi     : kata yang terwakili artinya oleh kata hipernim, Contoh :Hipernim Hantu, Hiponim : Pocong , kuntilanak dsb
·         Homonimi    :  suatu kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi lafal atau ejaan sama ,          Contoh : - Masa dengan Massa
+ Guci itu adalah peninggalan masa kerajaan kutai (masa = waktu)
+ Kasus tabrakan yang menghebohkan itu dimuat di media massa (massa = masyarakat umum)
·         Polisemi     : kata yang memiliki makna atau arti lebih dari satu karena adanya banyak komponen konsep dalam pemaknaan suatu kata, Contoh :  Guru yang dulunya pernah menderita cacat mental itu sekarang menjadi kepala sekolah smp kroto emas. (kepala bermakna pemimpin).
·         Antonimi    : Lawan Kata , Contoh : Atas = Bawah, Depan = Belakang, Kiri = Kanan

KALIMAT EFEKTIF

Pengertian kalimat efektif : Kalimat efektif adalah kalimat yang bukan hanya memenuhi syarat-syarat komunikatif, gramatikal, dan sintaksis saja, tetapi juga harus hidup, segar, mudah dipahami, serta sanggup menimbulkan daya khayal pada diri pembaca . Contoh : Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (tidak efektif) Karena tidak diajak, dia tidak ikut belajar bersama di rumahku. (efektif)



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut